Posted on

Tips & Panduan dalam Memilih Sepatu Futsal yang Cocok untuk Anda

Selama ini saya menjelajah internet, saya sudah membaca banyak sekali orang-orang yang bertanya, “sepatu apa yang cocok untuk saya?”. Kali ini Futbros akan membahas tentang hal tersebut, tentunya dengan harapan artikel ini dapat membantu anda.

mercu victory blue

Mengapa Sepatu Futsal Penting untuk Kita

Permainan futsal dilakukan di lapangan karet, kayu, ataupun aspal. Bahan yang digunakan pada sepatu futsal di-desain khusus untuk olahraga ini, sehingga akan lebih awet. Selain itu, bentuk dari bahan dan desain sepatu juga dirancang untuk olahraga futsal, dimana pemainnya tidak hanya berlari lurus, namun ke berbagai arah. Bahkan beberapa sepatu futsal kelas atas telah dilengkapi dengan berbagai teknologi untuk meningkatkan performa pemain, meningkatkan kualitas kontrol bola, juga shooting dan passing. Memang hal tersebut tidak berpengaruh banyak, namun terkadang hal ini menambah kepercayaan diri pemain, yang tentunya akan meningkatkan performa dengan sendirinya.

Bagaimana cara memilih sepatu futsal yang cocok?

Mulailah dengan bentuk kaki anda

bentuk kaki anda

Anda harus tahu apakah bentuk kaki anda, apakah kaki anda lebar atau ramping? Karena sepatu futsal modern dirancang untuk tipe kaki yang berbeda-beda. Beberapa sepatu dirancang untuk kaki yang ramping, seperti : Nike Mercurial dan Elastico. Sebenarnya, tidak terlalu ada masalah dengan tipe kaki anda dengan permainan anda, namun tentu saja ada masalah dengan sepatu yang anda pakai. Jika anda memaksakan untuk memakai sepatu untuk kaki ramping padahal anda memiliki kaki lebar, performa anda bisa saja malah menurun. Bukan hanya itu, anda dapat mencederai kaki anda sendiri. Supaya anda lebih yakin dengan bentuk kaki anda, berikut ini kami sajikan tes singkat supaya anda dapat lebih mengenal bentuk kaki anda.

  1. Cuci / basahi kaki anda
  2. Setelah itu, jejakkan kaki anda pada keset kering
  3. Lihatlah bentuk jejak kaki anda.

Setelah anda melakukan tes tersebut, anda akan mengenali bentuk kaki anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk anda:

  1. Jika kaki anda termasuk kaki normal, anda masih dapat menggunakan sepatu yang ramping, namun jika terjadi ketidaknyamanan, segera ganti sepatu anda.
  2. Jika anda kurang yakin apakah kaki anda termasuk kaki ramping/tidak, belilah sepatu yang berbahan kulit asli. Kulit tersebut akan menyesuaikan dengan bentuk kaki anda, dapat melebar sekitar 0.5-1 cm.

Carilah sepatu futsal dengan panjang yang sesuai dengan kaki anda

cara mengukur panjang kaki anda

Pada olahraga futsal, anda ingin ukuran panjang yang pas, dimana tidak ada ruang terlalu banyak di bagian depan maupun belakang sepatu, namun cukup ruang untuk jari anda bergerak. Untuk mengatasi hal ini, coba ukurlah panjang kaki anda, dari ujung jari jempol sampai ujung tumit dengan meteran / penggaris, setelah itu tambahkan 0.5 cm untuk ruang kaus kaki. Apabila anda

Material / Bahan Sepatu Futsal

sepatu futsal adidas kulit sintetis
Sepatu Futsal Adidas Predator Absolado dengan kulit sintetis
Sepatu Futsal Nike Gato II FC 247 dengan kulit asli
Sepatu Futsal Nike Gato II FC 247 dengan kulit asli

Jika sepatu futsal anda terbuat dari kulit asli, maka sepatu anda dapat melebar 0.5-1 cm setelah beberapa kali pemakaian, mengikuti bentuk kaki anda. Beberapa bahan kulit sintetis pada sepatu kelas atas juga memiliki kemampuan yang sama, namun sebagian besar kulit sintetis tidak dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki, sehingga penting sekali untuk melebihkan jarak 0.5 cm untuk ruang bernapas kaki anda.

Riwayat kesehatan kaki anda

Ingatlah kembali di masa lampau, apakah kaki anda pernah mengalami cedera pada ujung jari? pada ankle? pada lutut? Jika anda pernah mengalami cedera lutut, anda akan lebih menyukai sepatu yang memiliki sol tebal seperti Gato, Magista, Tiempo, Freefootball Boost. Jika anda pernah mengalami cedera pada ujung jari, anda akan lebih menyukai ruang sekitar 0.5 cm di bagian ujung sepatu. Jika anda pernah mengalami cedera ankle, anda akan lebih menyukai sepatu yang lebih melindungi / menutupi daerah ankle.

Jika sudah selesai, segera beli dan beraksilah dengan sepatu futsal anda!

beraksi dengan sepatu futsal

Jika anda sudah mengenali sepatu yang akan anda beli, berikut bentuk kaki anda, maka anda telah siap untuk membeli sepatu baru! Dengan sepatu yang cocok, tingkat kenyamanan anda akan meningkat, frekuensi cedera anda akan berkurang, dan tentu saja anda dapat mengeluarkan performa terbaik saat bermain futsal  😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *