Posted on

Specs : Brand Sepatu Futsal asal Indonesia Berkualitas Internasional

sepatu futsal specs metasala spike upper

Setelah selama ini hanya membahas sepatu futsal dengan brand Internasional seperti Nike dan Adidas, kali ini kami akan melihat ke tanah air. Dari Indonesia, ada sebuah brand yang terus melejit selama beberapa tahun terakhir, yaitu Specs. Specs adalah brand sepatu olahraga yang diluncurkan pada tahun 1980, oleh PT. Panarub Industry. Sebenarnya kisaran tahun 2000 awal, sepatu sport Specs tidak terlalu ngetop, bahkan dianggap sepatu kelas bawah. Namun seperti semua perusahaan hebat, setiap tahun Specs terus melakukan inovasi terbaru, dan pada akhirnya menghasilkan sepatu futsal yang pertama kali mendongkrak nama Specs menjadi salah satu yang dominan di pasar Indonesia adalah Specs Accelerator Bafana.

C360_2014-01-10-16-56-38-192_zps83984681

Sepatu futsal Specs tersebut diluncurkan dekat dengan event Piala Dunia 2010, dan terkenal sebagai sepatu futsal pertama buatan Indonesia yang memiliki tingkat kenyamanan yang baik dengan harga yang sangat terjangkau. Seri sepatu futsal tersebut disebut-sebut dapat dibandingkan dengan sepatu futsal Nike Mercurial, dari kualitas dan bahan yang digunakan. Tidak hanya itu, Specs mulai mensponsori event-event futsal dan pemain professional untuk memakai sepatu mereka. Dan hasilnya tidak buruk, nama Specs semakin membesar, dan muncul di dalam negeri sebagai pilihan sepatu futsal yang baik.

Melihat kesuksesan yang didapat dari seri sepatu futsal Specs Accelerator, Specs pun meneruskan seri sepatu futsal tersebut, dan juga memproduksi seri sepatu futsal El Classico dan Swervo yang akhirnya juga meledak di pasaran. Sepatu futsal Specs Accelerator dirancang untuk pemain yang mengutamakan akselerasi maksimal, Swervo untuk pemain yang mengutamakan kekuatan & kontrol bola, serta El Classico adalah seri heritage, untuk pemain futsal yang mengutamakan kenyamanan dan penampilan yang elegan.

Sampai tahun 2015 ini, sepatu futsal Specs terus mengalami peningkatan dalam segi bahan dan kualitas yang digunakan, namun juga harga (tentu saja seiring kualitas dan waktu). Namun kiprah Specs di pasar sepatu futsal Indonesia tidak memudar, bahkan terus meningkat. Seri sepatu futsal Specs Accelerator dan Swervo terus berjaya dengan lahirnya Specs Accelerator Spyder dan Specs Swervo Shark. Selain itu, seri sepatu futsal Specs Cyanide (yang memiliki tekstur seperti sepatu futsal Nike Hypervenom) juga diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pemain yang mengutamakan akurasi dan presisi.

Yang lebih hebat lagi, sepatu futsal Specs yang diluncurkan pada tahun 2015 sudah menggunakan teknologi Phylon untuk peredam benturan yang dilengkapi dengan FlexiArc sehingga memiliki fleksibilitas yang bagus, serta teknologi khusus Indonesia : Vertecs, yang membantu bentuk sepatu untuk mengikuti kaki pemain, sehingga akan memberikan fit dan grip yang maksimal.

Berikut ini adalah sejarah dari brand Specs :

1980:SPECS diluncurkan oleh PT. Panarub Industry
1980 – 1986:Pelopor dalam teknologi Cold Cementing, merupakan pemimpin pasar dalam sepatu Jogging di Indonesia (masa keemasan)
1994:PT. Panatrade Caraka didirikan sebagai perusahaan independen yang berfungsi sebagai pemasar bagi merek SPECS. Konsep Pop-Sport dilahirkan.
1994:Mulai fokus memproduksi sepatu sepakbola dan menjadi pemimpin pasar hingga saat ini
1997:Menerima Sertifikat ISO-9001 dari Lloyd Register Quality Assurance untuk Quality Management System
2001:Reorientasi & Reposisi merek SPECS: pembentukan Ideologi Inti, Visi, Misi dan Strategy Pemasaran dari SPECS
2002:SPECS Running kembali dengan teknologi RUBFLECS yang luar biasa sukses hingga saat ini
2003:SPECS Concept Store sekaligus Showroom SPECS pertama dibuka di Pasaraya Grande sebagai bagian dari usaha mengkomunikasikan SPECS sebagai merek olahraga bergengsi serta dalam rangka lebih mendekatkan diri kepada konsumen setianya. Selanjutnya perkembangan Counter dan Toko SPECS terus melaju seiring dengan perkembangan bisnisnya yang semakin besar
2003:SPECS semakin memperlebar kategori sport dengan memasuki segmen Badminton, serta memperluas kategori produk ke Apparel (T-Shirt, Training Suits, Topi, Kaos kaki, dll) dan Hardware (Tas) untuk semakin memperkuat brand positioningnya sebagai merek olahraga
2004:SPECS memasuki kategori sport baru yaitu Taekwondo yang sedang  trend ketika itu sebagai sport lifestyle shoes
2005:Menjadi salah satu merek utama dalam kategori Badminton dan Taekwondo di pasar Indonesia
2006:Memperluas jaringan pemasarannya ke Malaysia dan Singapura
2008:SPECS menjadi pemimpin pasar sepatu Futsal di Indonesia
2009:PT. Panatrade Caraka ditunjuk sebagai distributor nasional untuk merek sepatu lifestyle papan atas Indonesia yaitu PIERO. Tahun ini juga SPECS berekspansi pasar ke Australia (Sydney)

Metasala spike 400497 429800 1

Melihat perkembangan Specs pada ranah futsal Indonesia, tampaknya mereka akan terus meningkat seiring waktu. Sayang, Specs sendiri sepertinya tidak terlalu berfokus pada publikasi, hal ini terlihat dari belum banyak media yang mengulas keunggulan sepatu futsal Specs secara mendetail. Bahkan website Specs sendiri tidak memiliki keterangan yang mendetail tentang produk mereka. Semoga beberapa waktu ke depan, kami dapat menuliskan ulasan dan review tentang sepatu futsal Specs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *