Browse By

Asal Usul dan Sejarah Nike, Produsen Sepatu Olahraga Internasional

Sejarah Brand Nike

Nike yang sebelumnya dikenal sebagai Blue Ribbon Sports (RBS) didirikan pada tahun 1964 oleh Phil Knight dan Bill Bowerman. Phil Knight adalah seorang pelari jarak menengah dari Portland yang berlatih di bawah asuhan pelatihnya, Bill Bowerman. Sang pelatih, Bill Bowerman selalu aktif mencari cara untuk meningkatkan performa anak asuhnya dan mengutak-atik sepatu mereka di saat senggang.

Ia mencoba banyak cara namun tidak terlalu memberikan dampak yang berarti. Di saat yang sama, Phil Knight baru saja menyelesaikan kuliahnya dan mendapatkan gelar MBA di bidang Finance dari Stanford University. Disana ia menyelesaikan sebuah tugas kuliah, dimana ia memberi sugesti bahwa mengimpor/melakukan produksi sepatu di Jepang bisa membantu para retailer untuk bersaing dengan brand Jerman yang sudah lebih dulu terkenal di seluruh dunia.

Para Pendiri

 phil-knight-bill-bowerman_nqty51

Sugesti Phil Knight tak pernah digubris, sehingga akhirnya dia sendiri memutuskan untuk mengimpor sepatu dari Jepang dan menjualnya di area lokal. Awalnya ia mencoba menjual stok sepatunya kepada pelatihnya sendiri, namun akhirnya Bill Bowerman malah tertarik untuk bergabung dalam usaha ini, dan menjadi partner. Walaupun bisnisnya berjalan lambat, namun pada tahun 1965 penjualan mereka sudah mencapai angka yang cukup impresif, $20,000.

Sukses

Setelah bisnis mereka cukup stabil, mereka mulai meluncurkan sepatu buatan mereka sendiri. Setelah beberapa tahun berjuang, pada tahun 1971 mereka berhasil menciptakan sepatu yang lebih ringan dengan outsole yang memiliki bentuk seperti waffle. Sepatu ini diperkenalkan kepada publik di tahun 1972, pada acara US Track & Field Trials.

Sepatu Pertama Nike

Icon pertama Nike adalah Steve Prefontaine, seorang pelari yang menciptakan 7 rekor dari 2,000 m – 10,000 m sepanjang karirnya di masa kuliah pada tahun 1969-1972. Tak lama, Nike meluncurkan teknologi Nike Air pada tahun 1979. Teknologi ini semakin menguatkan brand mereka di antara kompetitor yang sudah bermain lebih lama. Pertumbuhan brand Nike sangat pesat pada saat itu, sampai pada titik dimana Nike meluncurkan saham perdana mereka (IPO) di tahun 1980. Brand mereka semakin populer, dan pada tahun 1982 menjadi supplier no 1 untuk sepatu training/olahraga di Amerika.

Logo

Old_Nike_logoLogo Nike ‘Swoosh’ dan tagline ‘Just Do It’ sudah sangat umum di Amerika. Pada tahun 1985, mereka mulai mendesain sepatu khusus untuk salah satu atlet baru NBA, Michael Jordan. Kepopuleran Jordan yang terus meningkat, ikut meningkatkan sales Nike sampai memecahkan rekor baru sepanjang sejarah perusahaan mereka.

Nike pun segera merambah ke apparel dan aksesoris lainnya. Mereka menandatangani kontrak dengan beberapa tim sepakbola nasional seperti Brazil, dan USA (pria dan wanita). Pada tahun 1996, mereka juga menandatangani kontrak dengan Tiger Woods senilai USD 5 juta setiap tahunnya. Dan selanjutnya, Nike terus mencetak sejarah.

Milestone

Nike terus meluncurkan edisi baru untuk setiap koleksi sepatu mereka. Mereka meluncurkan Nike Shox pada sekitar tahun 2000 yang diterima dengan tangan terbuka oleh seluruh dunia. Sekarang ini, Nike sudah menjadi “kekaisaran” besar dan telah merambah ke cabang olahraga lainnya seperti tenis, baseball, sepakbola, cricket, dan cabang atletik.

Keinginan Bill Bowerman untuk selalu memberi solusi yang lebih baik and inovasi bisnis Phil Knight telah membuat Nike menjadi salah satu perusahaan yang paling menguntungkan dan terkenal di seluruh dunia. Pada tahun 2012, pendapatan Nike setahun mencapai lebih dari USD 24 milyar.

Nike juga sudah mengakuisisi dan menjual beberapa perusahaan di jalur mereka menuju kesuksesan. Salah satunya adalah Umbro. Saat ini, Nike memiliki 2 anak perusahaan, yaitu Converse Inc. dan Hurley International.

Nike juga mensponsori beberapa pemain sepakbola, tenis, dan basket, yang tentunya akan memakai sepatu khusus yang didesain bagi cabang olahraga mereka masing-masing.

Nike telah mempekerjakan lebih dari 44,000 orang di seluruh dunia dan merk dagang mereka diestimasi sebesar USD 10 milyar. Kesuksesan mereka adalah hasil dari inovasi yang terus menerus dan investasi yang tepat, sehingga menghasilkan profit sebesar ratusan juta dolar setiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *