Posted on

Tips : Cara untuk tetap fit dan segar untuk pemain futsal

Saat ini, masyarakat Indonesia semakin sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan di tengah kesibukan. Mengunjungi sebuah gym setelah rutinitas selesai sudah menjadi praktek yang umum di tengah masyarakat. Namun, sebagian orang tidak suka berlari di atas treadmill & mengangkat beban. Bahkan, semakin banyak orang yang mencari aktivitas lain untuk membakar kalori & menjaga kebugaran badan mereka. Aktivitas tersebut diantaranya : berlari, berenang, bela diri, dan bermain sepakbola atau futsal.

Bermain futsal adalah salah satu cara terbaik untuk tetap bugar : dibandingkan dengan jogging ataupun sepakbola lapangan rumput, futsal memberi manfaat yang lebih besar. Pada level apapun anda bermain, untuk bermain futsal dengan baik, dibutuhkan level kebugaran yang cukup tinggi, sepenting kemampuan anda mengolah bola.

Di bawah ini adalah cara-cara anda supaya tetap fit & segar untuk pemain futsal : 

1. Bermainlah!

bermain futsal

Studi menyatakan bahwa bermain futsal menjaga kesehatan & kebugaran anda, lebih baik daripada jogging. Hal ini disebabkan karena futsal memberikan intensitas yang bervariasi & membutuhkan kinerja otot yang lebih spesifik. Mengapa harus menghabiskan waktu berlari di treadmill, jika anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih, dengan olahraga yang lebih menyenangkan seperti bermain futsal?

2. Pemanasan & Pendinginan

pemanasan dan penginginan

Pemanasan & pendinginan seringkali menjadi hal yang terlupakan, padahal sebenarnya sangat penting untuk membantu anda bebas dari cedera. Padahal anda cukup melakukan olahraga ringan & stretching selama 10 menit, dan hal ini dapat membantu anda bebas dari cedera, dan menambah kelenturan tubuh.

3. Latihan selalu membantu, apalagi jika latihan tersebut spesifik

latihan intensitas tinggi

Apabila anda ingin menjaga kebugaran anda, latihan adalah cara yang terbaik. Untuk membantu performa anda dalam bermain futsal, latihan yang paling cocok adalah latihan yang berkecepatan & berintensitas tinggi, dengan beberapa jeda istirahat selama waktu latihan. Misal: 60 menit waktu latihan, 5×10 menit latihan intensitas tinggi, dengan waktu istirahat 2 menit di antara sesi latihan tersebut.

4. Jangan terburu-buru bermain saat baru pulih dari cedera!

istirahatkan tubuh anda yang terkena cedera

Saya sangat mengerti perasaan anda saat baru pulih dari cedera, rasanya sudah tidak sabar ingin merasakan bagaimana kembali beraksi di lapangan. Namun, hal ini dapat menjadi pedang bermata dua. Ingatlah: selalu mulailah perlahan saat baru pulih dari cedera, dan jangan buru-buru kembali pada intensitas tinggi. Futsal adalah olahraga berintensitas tinggi, dan anda seharusnya tidak boleh bermain apabila anda masih cedera. Jika anda memangkas waktu pemulihan anda 3 hari, bisa jadi anda malah akan menambah waktu cedera anda 1 minggu. Atau lebih buruk lagi, anda bisa saja menyebabkan cedera berulang.

5. Makan yang sehat, jangan merokok, dan tidurlah dengan cukup

jangan merokok, makan yang sehat dan tidur yang cukup

Terdengar klise, namun tubuh kita memang seperti mobil/mesin. Jika kita ingin menjaga supaya mobil/mesin kita tetap bekerja dengan baik, tentunya kita harus mengisi bahan bakar yang baik (makan & minum yang sehat), memberi waktu istirahat yang cukup (tidur), dan menjaga supaya mesin tersebut jangan sampai mengeluarkan asap (jangan merokok :p)

Di atas adalan ulasan singkat tentang tips untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Nanti kami akan membahas lebih detail lagi untuk poin-poin tersebut, di post berikutnya. Stay tuned guys!

2 thoughts on “Tips : Cara untuk tetap fit dan segar untuk pemain futsal

  1. […] tim. Namun, untuk menjadi seorang pivot yang baik, anda juga harus memiliki fisik yang prima. Jagalah kebugaran anda supaya anda selalu berada dalam performa […]

  2. […] Baca juga : Tips menjaga kebugaran tubuh untuk pemain futsal […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *