Posted on

PREVIEW : Final Copa America 2015, Jadwal, Preview dan Ulasan Pra Pertandingan Argentina vs Chile

Sumber : Bleacher Report

Pertandingan final Copa America 2015 sudah sangat dekat. Pada Minggu dini hari, tuan rumah Chile akan melawan Argentina sang favorit.

Kedua tim memiliki barisan pemain terbaik dari Amerika Selatan; Argentina memiliki Messi, Aguero, Higuain, Di Maria, Tevez, dan Pastore, sedangkan Chile memiliki Vidal, Sanchez, dan Claudio Bravo. Kedua tim bertabur bintang ini pantas mencapai final di Estadio Nacional, namun kemenangan Argentina’s 6-1 atas Paraguay di semifinal tentunya memberi semangat lebih bagi mereka, dan menegaskan status mereka sebagai favorit.

Berikut ini adalah preview dari pertandingan final Copa America 2015:

Tanggal: Minggu, 5 Juli 2015

Jam: 03.00 pagi

Stadion: Estadio Nacional, Santiago

Chile Memiliki Keuntungan Sebagai Tuan Rumah

Sekarang adalah saat yang paling tepat bagi Chile. Mereka adalah tuan rumah dan mereka adalah tim pencetak gol terbanyak. Namun mereka akan menghadapi Argentina, tim penuh bintang dan baru saja mencapai Final Piala Dunia pada tahun 2014 kemarin.

La Albiceleste menunjukkan bahwa mereka sangat haus gelar, dengan menghancurkan Paraguay, sang kuda hitam. Jika Argentina bermain dengan performa terbaiknya, Argentina benar-benar adalah tim yang sangat berbahaya. Apalagi Lionel Messi, sang bintang FC Barcelona dapat mempengaruhi hasil pertandingan tanpa harus mencetak gol.

Walaupun saat ini adalah tim pencetak gol terbanyak, tidak seluruh penyerang Chile telah bermain maksimal, termasuk Alexis Sanchez. Pertandingan final ini akan menjadi momen penting baginya. Dibantu dengan dukungan penonton, Chile mungkin saja mencapai potensinya di pertandingan final nanti.

Kekuatan serangan Argentina dan Chile tidak berbeda jauh, sektor pertahanan akan menjadi kunci

Chile dan Argentina mendominasi tangga top scorer Copa America, Eduardo Vargas (4), Arturo Vidal (3) and Sergio Aguero (3) akan bersaing memperebutkan gelar tersebut. Namun, para penggemar sepakbola pastinya setuju bahwa Argentina memiliki kekuatan lebih, dengan Messi, Di Maria, Higuain dan Aguero, semua bermain dalam keadaan fit dan solid.

Sampaoli telah menunjukkan pada Piala Dunia 2014 kekuatan strategi yang dimiliki tim nasional Chile, namun pada tahun ini, sepertinya tim Chile tidak terlihat sehebat tahun lalu. Hal ini sangat terlihat terutama pada sektor pertahanan, La Roja kebobolan 3 gol dari Meksiko di awal kompetisi dan hampir dikalahkan oleh Peru di semi final. Namun, pelatih Portugal Fernando Santos memberikan Sampaoli sedikit masukan tentang cara mengalahkan Argentina, seperti dikutip koran Chile, El Mercurio:

Argentina adalah lawan yang sangat kuat, mereka memiliki pemain-pemain hebat. Untuk menang, anda harus bermain sempurna, dan berharap keberuntungan ada di pihak anda.

Anda tidak bisa menjaga Messi secara man to man, dia malah akan memberikan masalah untuk anda. Dia sangat hebat, sampai-sampai dia selalu memiliki cara untuk membuat dirinya terbebas di lapangan.

Lebih baik menggunakan taktik zonal marking, anda harus mencegah Messi mendapatkan aliran bola.

Trio gelandang Marcelo Diaz, Vidal dan Charles Aranguiz memiliki kemampuan yang mumpuni, namun talenta penyerang Argentina yang dilatih oleh Martino ini terbukti sangat sulit diredam.

Walaupun saat ini Chile adalah tim pencetak gol terbanyak, Chile harus fokus dalam menghentikan laju permainan Argentina terlebih dahulu, sambil menyerang mereka di saat lengah. Apabila tidak berhati-hati, tuan rumah Chile dapat dikalahkan telak seperti Paraguay di semi final.

Banyak pihak yang mengatakan bahwa Chile hanya beruntung karena mendapatkan “pertolongan” dari wasit untuk mencapai pertandingan final, namun tak bisa dipungkiri, Chile memang memiliki talenta dan momentum yang baik di tahun ini. Walaupun Argentina memiliki pemain bintang yang hebat, kami yakin pertandingan pasti akan berlangsung ketat, karena Argentina dan Chile tidak akan lengah dan sembrono. Di pertandingan final nanti, sedikit keberuntungan pastinya akan sangat berarti bagi kedua tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *