Posted on

TIPS : Perawatan diri pemain sangat berpengaruh dalam meningkatkan performa pemain

Selama ini kita sering mendengar istilah “no pain, no gain”. Memang, dalam batas tertentu kita bekerja, akan ada rasa capek atau jenuh, namun jika hal tersebut sampai ke arah “sakit”, maka hal tersebut bukanlah hal yang baik lagi. Selama ini, mayoritas dari tim futsal juga menerapkan hal yang sama, beberapa pelatih memotivasi para pemainnya untuk berlatih sangat keras, bahkan terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan mental seorang pemain menjadi jenuh dan bosan. Bahkan, kebanyakan dari kita menganggap hal ini adalah hal yang biasa, dan seringkali terlambat menyadari hal ini sampai terjadi cedera berat.

Sumber : Soccercleats101

Menanggapi hal ini, kami ingin memberikan beberapa tips untuk para pelatih dan pemain supaya dapat membantu meningkatkan performa dan tentunya menjaga kesehatan dan kebugaran pemain.

Jaga kadar air dalam tubuh dengan baik

50-65% dari tubuh manusia terdiri dari air. Air berperan penting dalam banyak fungsi tubuh, kita tidak dapat bertahan lebih dari 3 minggu tanpa minum air. Sepakbola dan futsal adalah olahraga yang sangat cepat menghabiskan kadar air dalam tubuh, dan seorang pemain seringkali tidak memenuhi kebutuhan air dalam tubuhnya saat sesi latihan, atau pertandingan. Jumlah air yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan manusia bervariasi tiap individunya, namun secara lumrah, anda harus minum sedikitnya 2 liter air per hari. Namun, di saat latihan atau pertandingan, ingatlah untuk tidak minum secara berlebihan.

Hydrate

Stretching

Salah satu kebiasaan buruk para pemain futsal dan sepakbola adalah menyepelekan stretching. Mereka lupa, terlalu senang, atau merasa stretching tidak penting. Sebenarnya mudah sekali untuk melakukan stretching, yamg penting hanya membuatnya menjadi kebiasaan. Anda hanya butuh waktu sekitar 5 menit, sebelum latihan, atau mungkin setiap pagi dan jam makan siang. Stretching sangat membantu membiasakan otot anda supaya tetap fleksibel dan siap digunakan dalam aktivitas berat.

Baca juga : Tips menjaga kebugaran tubuh untuk pemain futsal

Istirahatlah!

Kehidupan modern memang penuh kesibukan, apalagi jika anda masih menyempatkan waktu untuk bermain futsal. Kita hanya punya sedikit waktu untuk istirahat setiap harinya, bahkan telah menjadi kebiasaan umum bahwa seseorang tidur kurang dari 6 jam setiap harinya. Jumlah kebutuhan tidur manusia bervariasi antara 7-9 jam (normalnya). Hal ini tidak boleh diremehkan karena tidur adalah kegiatan terpenting dimana tubuh kita benar-benar dalam keadaan ‘maintenance’. Oh ya, dan 15 menit tidur atau meditasi saat jam makan siang juga membantu tubuh anda loh!

Players Stretching

Benahi postur tubuh anda

Kita hidup di zaman modern, dimana kita menggunakan komputer dan smartphone setiap saat, dan kita menghabiskan sebagian besar waktu kita untuk duduk. Tubuh kita dirancang untuk terus bergerak, dan tidak terpaku untuk terus berada di dalam 1 posisi dalam waktu yang lama. Akhirnya hal ini menyebabkan postur tubuh yang buruk dan mengakibatkan sakit pinggang, leher, atau pinggul.

Ingatlah untuk berdiri dari kursi anda dan berjalan selama beberapa menit apabila anda sudah duduk terlalu lama, ubahlah posisi laptop anda jika anda mulai terasa pegal, dan jangan tidur dalam posisi meringkuk. Anda hanya mengulangi posisi membungkuk atau duduk yang sudah anda lakukan setiap harinya di saat tidur, dan akan mempercepat proses degenerasi postur tubuh anda. Hal ini sangat serius, sampai pada titik dimana beberapa terapis dapat mengetahui posisi tidur anda, hanya dengan melihat postur tubuh anda.

Gerakkan tubuh anda, lakukan latihan fitness sederhana untuk menjaga kondisi tubuh

Otot kita dirancang untuk bergerak. Melakukan beberapa latihan fitness sederhana secara teratur sangat baik untuk kesehatan otot, sehingga tubuh kita akan selalu siap untuk melakukan berbagai fungsi dan gerakan pada saat bermain futsal dan sepakbola.

Dengarkan dan hormatilah tubuh anda

Apabila anda merasa sakit, jangan diabaikan. Sebagian besar dari kita tetap memaksa bermain. Berhenti segera apabila anda merasa sakit atau letih sampai pada titik berbahaya (dapat menyebabkan cedera atau sakit). Lebih baik berhenti bermain sebelum anda malah menyakiti diri anda sendiri, dan membuat anda cedera atau sakit untuk beberapa minggu, atau bulan. Banyak hal di dalam hidup yang lebih penting dari sepakbola dan futsal, tubuh anda harus dapat bertahan untuk melewati seluruh aktivitas tersebut. Apabila anda menyayangi tubuh anda, bukan tidak mungkin anda masih dapat bermain sepakbola sampai anda berumur 60-70 tahun.

Demikian tips dari kami. Apabila anda ingin tetap menikmati “karir” futsal atau sepakbola dengan sehat dan bugar, harap perhatikan kebiasaan-kebiasaan hidup anda. Jika anda memiliki tips lain, bagikanlah melalui fasilitas comment di bawah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *