Posted on

Nike MercurialX Pro : Sepatu Futsal Ringan penerus Nike Elastico Pro

Bersamaan dengan diluncurkannya Koleksi Sepatu Futsal Nike Street Football X, produksi koleksi sepatu futsal Nike Elastico, Bomba, dan Gato dihentikan. Pengganti sepatu futsal Nike Elastico, adalah Nike MercurialX, dengan sepatu futsal Nike Mercurial X Proximo di kelas atas koleksi tersebut, dan sepatu futsal Nike MercurialX Finale di kelas menengah. Nah, di kelas bawah terdapat Nike MercurialX Pro, yang adalah penerus Nike Elastico Pro. Pada artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang sepatu futsal Nike Mercurial X Pro 🙂

Sepatu futsal Nike Mercurial X Pro adalah sepatu futsal yang mengutamakan keringanan dan kecepatan pemain. Karenanya, hampir seluruh aspek desain dari sepatu ini berkaitan dengan kecepatan. Upper sepatu ini terbuat dari kulit sintetis yang disebut “Trophy synthetic leather” oleh Nike, dengan sedikit tekstur titik-titik kecil yang bertujuan untuk menambah kontrol bola pemain dalam kecepatan tinggi.

Namun perlu diingat bahwa pola yang terdapat sangatlah halus, tidak seperti sepatu futsal Nike Magista Onda atau Nike Hypervenom Phelon. Pada bagian upper sepatu futsal Nike Mercurial X Pro, Nike menambahkan internal cage / kerangka di dalam bagian upper sepatu, yang berfungsi untuk menjaga kaki anda supaya tetap stabil di dalam sepatu. Lalu seperti kebanyakan sepatu futsal pada umumnya, bahan mesh yang ada di belakang sepatu memberikan ventilasi supaya kaki anda tetap nyaman dan kering di tengah panasnya permainan.

Untuk bagian midsole, sepatu futsal Nike Mercurial X Pro hanya menggunakan bahan EVA, itu pun hanya setebal insole mereka. setelah bagian insole sepatu, anda akan dihadapkan langsung dengan karet outsole. Hal ini membuat sepatu ini sangat low profile, namun bersamaan dengan itu, sepatu ini kurang cocok untuk pemain dengan berat badan berlebih, atau pemain dengan cedera tertentu (ankle, lutut, paha) karena daya redam benturan yang dimiliki sepatu ini sangat minim. Sepatu futsal ini diluncurkan dalam 2 jenis outsole, IC (lapangan datar) & TF (rumput sintetis). Untuk bagian outsole, sepatu ini menggunakan bahan karet yang sama seperti pada sepatu futsal Nike Elastico Pro III yang akan memberikan traksi / pijakan yang baik dan pakem di lapangan.

Baca juga : Beli Sepatu Futsal, Sol Ceper atau Sol Tinggi?

Dari seluruh bahan sepatu futsal Nike MercurialX Pro, kita dapat menyimpulkan bahwa sepatu ini benar-benar didesain untuk pemain yang mengutamakan kecepatan dalam gaya bermain. Namun perlu diperhatikan oleh calon pembeli, bahwa sepatu yang didesain untuk keringanan dan kecepatan pada umumnya memiliki daya tahan yang kurang baik (lebih cepat lecet atau sobek) dan memiliki proteksi yang kurang baik (karena bahannya yang tipis dan minimnya midsole). Namun tentu saja, bagi pemain yang tidak memiliki masalah tersebut, anda akan mendapatkan sepatu yang sangat cocok untuk menunjang karakteristik permainan anda. Sepatu futsal Nike Mercurial X Pro ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 999.000, namun bisa anda dapatkan di online shop dengan kisaran harga Rp 800-900rb.

Sumber Gambar : ProDirectSoccer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *